Kamis, 04 Agustus 2016

PERANGKAT PEMROSES

PERANGKAT PEMROSES DAN SISTEM,FUNGSI,STRUKTUR KELUARAN MODUL INPUT OUTPUT I/O TERPROGRAM

By ILHAM MAULANAA







A.      PERANGKAT PEMROSES


Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. (mujiono, 2016)Peralatan proses tersebut diantaranya:

1. Power Supply
2. Motherboard
3. CPU atau Prosessor
4. Memori (RAM)
5. Harddisk
6. VGA
7. Sound Card




B.       System keluaran komputer

System output adalah hasil dari suatu proses menerima data dari hasilpengolahan pada bagian pemroses. Perangkat keluaran digunakan untukmenampilkan hasil yang dikerjakan oleh prosesor. (Kebudayaan, 2013)

C.      I/O TERPROGRAM

Modul Input Output TerprogramPada I/O terprogram menurut Stalling (Stalling, 1997, hal. 70) merupakansalah satu teknik input-output dimana data saling dipertukarkan antara CPU danmodul I/O. CPU mengeksekusi program yang memberikan operasi I/O kepada CPUsecara langsung, (agus, 2015) seperti pemindahan data, pengiriman perintah baca maupun tulis,dan monitoring perangkat. (Kebudayaan, 2013)
Terdapat empat klasifikasi perintah I/O, yaitu:

1. Perintah control.
Perintah ini digunkan untuk mengaktivasi perangkat peripheral dan memberitahukan tugas yangdiperintahkan padanya.

2. Perintah test.
Perintah ini digunakan CPU untuk menguji berbagai kondisi status modul I/O danperipheralnya. CPU perlu mengetahui perangkat peripheralnya dalam keadaan aktif dan siapdigunakan, juga untuk mengetahui operasi – operasi I/O yang dijalankan serta mendeteksikesalahannya. (mujiono, 2016)

3. Perintah read.
Perintah pada modul I/O untuk mengambil suatu paket data kemudian menaruh dalam bufferinternal. Proses selanjutnya paket data dikirim melalui bus data setelah terjadi sinkronisasi datamaupun kecepatan transfernya.

4. Perintah write.
Perintah ini kebalikan dari read. CPU memerintahkan modul I/O untuk mengambil data daribus data untuk diberikan pada perangkat peripheral tujuan data tersebut. (hany, 2016)

       Dmikian yang saya sampaikan dari blog saya dansaya mengucapkan terimakasih atas kunjunan anda!!!!!








Daftar Pustaka



agus. (2015, agustus 5). sistem input proses output. Retrieved from blog education: http://pio-agus.blogspot.co.id/2014/08/sistem-input-proses-dan-output.html
hany, l. (2016, agustus 5). ORGANISASI KOMPUTER. Retrieved from I/O Terprogram: http://listiyohany.blogspot.co.id/2013/01/io-terprogram.html
Kebudayaan, K. P. (2013). SISTEM KOMPUTER XI 01. jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
mujiono. (2016, agustus 5). teorikomputer. Retrieved from Pengertian dan Fungsi Peralatan Proses pada Komputer: http://www.teorikomputer.com/2013/09/pengertian-dan-fungsi-peralatan-proses.html






NAMA : ILHAM MAULANAA

SEKOLAH : SMK ISLAM 1 BLITAR



kunjungi makalah asli saya !!!!!!!!
tidak

Tidak ada komentar:
Write komentar