Kamis, 08 September 2016

Pengertian Flowchart

Flowchart
oleh ilham

Pengertian Flowchart

Flowchart atau dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan Diagram Alir ini dipergunakan dalam industri manufakturing untuk menggambarkan proses-proses operasionalnya sehingga mudah dipahami dan mudah dilihat berdasarkan urutan langkah dari suatu proses ke proses lainnya. (Kho.B, 2016)

Simbol-Simbol Flowchart
Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program. Simbol-simbol yang dipakai antara lain (Arifanto, 2016)





 Jenis-Jenis Flowchart

1. Flowchart Sistem (System FLowchart)
Merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan didalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yanhg ada di dalam sistem.


2. Flowchart Paperwork / FLowchart Dokumen Flochart(Document)
Flowchart Paperwork menelusuri alur dari data yang ditulis melalui sistem. Flowchart Paperwork juga sering disebbut Flowchart Dokumen.


3. Flowchart Skematik (Schematic FLowchart)
Flowchart Skematik merupakan bagan yang mirip dengan Flowchart Sistem yang menggambarkan suatu sistem atau prosedur. Perbedaannya bukan hanya menggunakan simbol-simbol flochart standar, tetapi juga menggunakan gambar-gamabar komputer, peripheral, from-from atau peralatan lain yang digunakan dalam sistem. (Inuy, 2016)

4.Program Flowchart
Bagan alir program  (program flowchart)  merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem. Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program  (program logic flowchart)  dan bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flowchart).  Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem. Gambar berikut menunjukkan bagan alir logika program. Bagan alir program komputer terinci  (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan alir ini dipersiapkan oleh pemrogram.

5.Process Flowchart
Bagan alir proses  (process flowchart)  merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur. (Wiguna.I, 2016)







info lbh lanjut Google Drive !!!!!














DAFTAR PUSTAKA

Arifanto. (2016, september 8). Pengertian Flowchart Dan jenis jenisnya. Retrieved from Rahmatarifianto: https://rahmatarifianto.wordpress.com/2014/11/20/pengertian-flowchart-dan-jenis-jenisnya/
Inuy. (2016, september 8). Jenis-Jenis Flowchart. Retrieved from 1nuy4s4: https://1nuy4s4.wordpress.com/2011/11/09/jenis-jenis-flowchart/
Kho.B. (2016, September 8). Pengerian Flowchart dan Simbolnya. Retrieved from Ilmumanajemenindustri: http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-flowchart-diagram-alir-dan-simbol-simbolnya/
Wiguna.I. (2016, September 8). Pengertian Flowchart dan Simbol Flowchart. Retrieved from Serilmu: http://serilmu.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-flowchart-dan-simbol.html







Nama :ilham maulanaa
Sekolah : SMK Islam 1 blitar









Tidak ada komentar:
Write komentar