Kamis, 11 Agustus 2016

Peripheral Input dan Peripheral Output

Peripheral Input dan Peripheral Output
Oleh Ilham Maulanaa


Adapun berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer, periferal terbagi menjadi:
1.    Peripheral Input Device
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer.    (Thasmara, 2016)
A. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG (Zulkarnain, 2016)
B. Mouse



Penunjuk (pointer) disebut dengan mouse yang dapat digerakkan ke mana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat dua pengendali gerak, yaitu yang searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). (Thasmara, 2016)
C. Digital camera dan webcam
Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital camera. Dengan alat ini, untuk memasukkan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah. Berbagai jenis gambar dapat ditransfer, mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis atau bergerak seperti video.




\


D. SCANNER
Scanner (bahasa Inggris: scanner) merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.


E. TOUCH SCREEN
Adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.


F. BARCODE READER
Pembaca barcode (atau barcode scanner) adalah perangkat elektronik untuk membaca barcode cetak. Seperti scanner flatbed, terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya menerjemahkan impuls ke optik yang listrik. Selain itu, hampir semua pembaca barcode berisi sirkuit dekoder menganalisis gambar barcode data yang diberikan oleh sensor dan mengirim konten barcode untuk output port scanner.  (Angga, 2016)



2. Pengertian Peripheral  Output Komputer
Alat Keluaran (Output Device) adalah perangkat keras komputer yangberfungsi untuk menampilkan / mencetak keluaran sebagai hasil pengolahandata.Alat keluaran terdiri atas hard copy, softcopy. Alat keluaran yang termasuksoftcopy menghasilkan keluaran yang berupa tampilan pada monitor atau berupasuara, sedangkan alat keluaran yang berupa hardcopy memberikan keluaran berupabahan cetakan, entah berupa kertas, plastik transparan, microfilm, atau microfiche.Contoh alat keluaran adalah printer, plotter, monitor, LCD monitor, speaker, dan lainlain. (Kebudayaan, 2016)
A. Printer
Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.



B. Monitor
Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia. Monitor CRT adalah monitor yang menggunakan tabung sinar katoda.





C. LCD (Liquid Cristal Display)
Monitor LCD (Liquid Cristal Display) adalah monitor yang berfungsi degan prinsip menggunakan cairan kristal khusus yang berpendar apabila  dilalui oleh sinyal lostrik sehingga manghasilkan bentuk dan warna.






D. Speaker
Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.
E. PLOTTER
Plotter adalah printer komputer untuk grafis vektor pencetakan. Di masa lalu, plotter digunakan dalam aplikasi seperti desain dibantu komputer, meskipun mereka umumnya telah diganti dengan printer format lebar konvensional. Hal ini sekarang biasa untuk diganti seperti printer format lebar sebagai "plotters," meskipun mereka secara teknis tidak. (Komputer, 2016)





Daftar Pustaka

Angga. (2016, agustus). Periperal I/O. Retrieved from Evolution: http://a122010660704141.blogspot.co.id/2012/07/peripheral-io-input-dan-output-pada.html
Kebudayaan, M. (2016). Sistem Komputer. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Komputer, J. (2016, Agustus). Pengertian Dan Fungsi Peralatan Output Pada Komputer. Retrieved from Jaringan Komputer: http://jaringankomputer-pc.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-dan-fungsi-peralatan-output.html
Thasmara, A. D. (2016, Agustus). Macam-Macam Peripheral. Retrieved from Komputer: http://anggerdwiky.blogspot.co.id/2012/05/macam-macam-peripheral.html
Zulkarnain. (2016, Agustus). Peripheral Input Output. Retrieved from Zulkarnain: http://zul03mkz.blogspot.co.id/2012/03/peripheral-input-dan-output-ncomputing.html




Biodata Penulis
Nama               : Ilham Maulanaa
Sekolah           : SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto              : Jangan Menyerah Dan Teerus Maju
Download File Lewat Google Drive

2 komentar:
Write komentar