Kamis, 18 Agustus 2016

Struktur dan Interkoneksi Bus

Struktur dan Interkoneksi Bus

Oleh Ilham Maulanaa

1.      PENGERTIAN BUS

Pengertian Bus adalah  sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik, sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Setiap bus mendefinisikan set konektornya ke alat colok fisik, kartu, atau kabel bersamaan.. (Idrus, 2016)
Bus beroperasi pada kecepatan dan lebar yang berbeda. PC awal mempunyai bus dengan kecepatan 4.77 MHz dan lebar 8 bit yang dikenal dengan bus ISA (Industry Standard Architecture). Kemudian bus diperbaiki menjadi lebar 16 bit dengan kecepatan 8 MHz. Pada tahun 1990 Intel memperkenalkan bus PCI (Pheriperal Component Interconnect), semula dengan lebar 32 bit, sekarang lebar bus 64 bit dan di-run pada kecepatan 133 MHz. (Nifan, 2016)

2.      JENIS JENIS BUS DAN FUNGSI MASING MASING BUS

a.      Bus PCI (Peripheral Component Interconnect)
Bus PCI adalah bus yang tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. PCI memiliki kinerja tinggi untuksistem I/O berkecepatan tinggi seperti: video adaptor, NIC, disk controller, soundcard, dan ain-lain. Standar PCI adalah 64 saluran data pada kecepatan 33 MHz,laju transfer data 264 MB per detik atau 2,112 Gbps. Keunggulan PCI tidak hanya pada kecepatannya saja tetapi murah dengan keping yang sedikit. Intel mulai menerapkan PCI pada tahun 1990 untuk sistem pentiumnya.Untuk mempercepat penggunaan PCI, Intel mempatenkan PCI bagi domain public sehingga vendor dapat mengeluarkan produk dengan PCI tanpa royalti.
b.      Bus USB
Semua perangkat peripheral tidak efektif apabila dipasang pada busberkecepatan tinggi PCI, sedangkan banyak peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer.Sebagai solusinya tujuh vendor komputer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom)bersama-sama merancang bus untuk peralatan I/O berkecapatan
rendah.Standar yang dihasilkan dinamakan Universal Standard Bus (USB).
c.       Bus SCSI (Small Computer System Interfaces)
SCSI adalah perangkat peripheral eksternal yang dipopulerkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standard untuk drive CDROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan 8, 16 atau 32 saluran data. (Kebudayaan, 2014)

3.      SISTEM BUS

a.      Address Bus
Address bus menurut Supriyanto (Supriyanto, 2005, hal. 42) digunakanuntuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data.Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar address bus menentukan kapasitas memori maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai address bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1MB).  (Kebudayaan, 2014)
Fungsi:
  Berfungsi untuk mentransfer data, membawa data dari dan ke perangkat atau periferal
-          Terdiri atas beberapa jalur penghantar, 8, 16, 32 bahkan 64 bahkan lebih jalur paralel
-          Data ditransmisikan dalam dua arah, yaitu dari CPU atau mikroprosesor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya.
-          Semakin lebar bus maka semakin besar data yang dapat ditransfer sekali waktu. (Syuhadaa, 2016)
b.      Data Bus
Data bus menurut Supriyanto (Supriyanto, 2005, hal. 41) adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8,16, 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masingmasing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluranmenentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus inimenentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnyaCPU dapat membaca dari memori atau port dan dapat juga mengirim ke memoriatau port. (Kebudayaan, 2014)
Fungsi:
-          Berfungsi untuk mensinkronkan proses penerimaan dan pengiriman data.
-          Untuk mengatur memori atau port agar siap ditulis atau dibaca.
-          Sinyal Kontrol: RD, WR, IO/M
-          Sinyal Read dan write : untuk mengakses data ke dan dari perangkat (Syuhadaa, 2016)
c.       Control Bus
Control bus menurut Supriyanto (Supriyanto, 2005, hal. 42) digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses data bus dan address bus. Controlbus terdiri dari 4 sampai 1 jalur paralel. CPU akan mengirim sinyal pada control bus ini bila akan men-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memori atauI/O port. (Kebudayaan, 2014)
Fungsi:
-          membawa informasi untuk mengetahui lokasi suatu perangkat atau periferal
-          Untuk memilih lokasi memori atau port yang akan ditulis atau dibaca
-          Untuk menentukan rute data, bersumber dari mana, tujuannya ke mana.
-          Bersifat searah, cpu memberikan alamat yang bertujuan untuk menentukan periferal mana yang dituju. Contoh memori mana yang dituju atau I/O mana yang dituju.
-          Semakin besar bus alamat, akan semakin banyak range lokasi yang dapat dialamati.
-          Jumlah alamat yang dapat dituju pada Bus alamat adalah sebanyak 2n. n jumlah jalur Bus alamat. (Syuhadaa, 2016)



Daftar Pustaka


Idrus, M. (2016, Agustus 19). Pengertian Bus. Retrieved from Catatan Harian "Muzakkir Idrus": http://muzakkir-idrus.blogspot.co.id/2013/10/bus-fungsi-data-bus-control-bus-addres.html
Kebudayaan, M. (2014). Sistem Komputer. Surakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Nifan, A. (2016, Agustus 19). Pengertian Dan jenis Bus. Retrieved from Inspirasi-ku: http://nifan10.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-bus-dan-jenis-jenis-bus.html
Syuhadaa, Y. (2016, Agustus 19). Pengertian Address Bus, Data Bus, Control Bus. Retrieved from Yusuf Syuhada: http://yusufsyuhada.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-address-bus-data-bus-control.html



Nama               : ilham maulanaa
Sekolah           : SMK Islam 1 blitar
Kelas               : XI TKJ 2
 lihat dokumen word nya via google drive

1 komentar:
Write komentar